Beberapa contoh studi kasus kepemimpinan disekolah

Pembaca yang baik, saya hadirkan kepada anda semua, tiga artikel mengenai pola kepemimpinan kepala sekolah. Silahkan tanggapi dan pahami. Semoga berkenan

Kasus 1
Pak Rudi baru saja diangkat menjadi kepala sekolah sebuah SD swasta yang baru 3 tahun beroperasi, Ia merasa senang sekali dengan promosi yang ia dapatkan dan merasa percaya diri akan dapat memimpin SD tersebut untuk dapat berkembang. Namun baru 2 bulan memimpin ia mulai menghadapi permasalahan yang terus berdatangan. Mulai dari komplain orang tua soal toilet, Kegiatan pembelajaran yang dinilai tidak berkualitas, sarana yang tidak memadai serta komunikasi dengan guru yang belum berjalan baik. Setiap kali ia menerapkan kebijakan baru selalu saja ditanggapi dingin oleh staff.

Pak Rudi berupaya menjalankan tugasnya sebaik mungkin terutama ia fokuskan pada hal-hal yang bersifat administratif. Setelah satu tahun ajaran ia memimpin sekolah belum dirasakan perkembangan yang berarti. Komplain-komplain dari orang tua terus berdatangan mengenai berbagai aspek yang ada di sekolah dan menyampaikan tuntutan yang begitu tinggi terhadap sekolah. Komunikasi dengan staff pun belum dapat berjalan dengan baik.

Berdasarkan kasus di atas cobalah analisa apa yang menjadi kelemahan kepemimpinan Pak Rudi, Apa saran yang bisa anda berikan agar Ia sebagai pemimpin sekolah dapat melaksanakan tugasnya dengan efektif.

Kasus 2:

Ibu Lidya baru saja diangkat menjadi kepala sekolah menggantikan kepala sekolah lama yang pindah tugas. Kebetulan sekolah yang dipimpinnya ini merupakan salah satu sekolah yang terkenal dan telah lama berdiri. Selama 10 tahun ke belakang sekolah ini sangat diminati oleh masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka disana. Hal yang unggul dari sekolah ini adalah sarana pendidikannya yang lengkap, program-program intra maupun ekstrakurikulernya yang berkualitas serta keberhasilan siswa diukur dari jumlah yang lulus UNAS. Namun belakangan sekolah ini merasakan bahwa perlu upaya peningkatan kualitasnya seiring dengan persaingan yang makin ketat dengan sekolah-sekolah lain. Permasalahan yang dirasakan Ibu Lydya cukup berat bahwa ternyata sekolah perlu melakukan perbaikan diberbagai aspek agar dapat tetap bersaing dengan sekolah-sekolah lain yang terus berkembang.

Dapatkah anda memberikan saran strategi mengembangkan sekolahnya agar dapat tetap unggul serta dapat memenuhi tuntutan masyarakat.

Kasus 3

Seorang kepala sekolah swasta unggulan di sebuah kota besar. Sekolah yang dipimpinnya ini sangat progresif. Animo masyarakatpun sangat besar untuk memasukan anaknya ke sekolah tersebut. Sang kepala sekolah adalah tipe orang yang sangat bersemangat untuk terus belajar tentang manajemen sekolah dan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas. Segala informasi yang ia dapatkan baik dari hasil mengikuti seminar, workshop, studi banding maupun saran2 dari orang yang dinaggap sukses dalam memimpin sekolah telah diterapkan. Namun Ketika melakukan evaluasi terhadap kinerja sekolahnya ia mendapatkan informasi bahwa guru-guru merasa beban kerjanya terlalu berat dikarenakan kebijakan yang dibuat oleh manajemen. Sang kepala sekolah merasa terkejut akan kenyataan ini dan perlu mendapatkan saran.

Saran apa yang anda akan berikan kepada kepala-kepala sekolah sekolah tersebut.

About these ads
Explore posts in the same categories: keluarga, kepala sekolah, kepemimpinan, sekolah

Tag: , , , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: